Masuk / Daftar

Atlas Mudik 2018

Rabu 30 Mei 2018, 10:50 | Aini

Baca atlasnya, pilih jalurnya, sampailah kita ke kampung halaman tercinta.

 

Fenomena mudik lebaran merupakan pemandangan yang sangat akrab terjadi setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri pada masyarakat Indonesia. Pulang ke kampung halaman merupakan ritual wajib hampir di sebagian besar masyarakat baik muslim maupun non muslim, karena momen ini digunakan untuk bersilaturahmi dan berlibur bersama keluarga besar. Terbayang jalanan macet dimana-mana, namun tetap saja semangat para pemudik tidak terkalahkan.

Badan Informasi Geospasial menangkap momen mudik ini untuk ikut berkontribusi dengan menyediakan informasi jalur mudik bagi masyarakat yang berkendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Informasi jalur mudik ini dituangkan dalam bentuk peta/atlas jalur mudik yang dapat digunakan dalam membantu perencanaan memilih jalur mudik yang diinginkan.

Peta tersebut berisi informasi jalur mudik melalui jalantol, jalur utama dan jalur alternatif  yang telah mengacu pada Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan dilengkapi dengan informasi letak rest area, SPBU, ATM, rumah sakit, lokasi rawan banjir dan rawan longsor, serta lokasi wisata.

Peta/Atlas ini tidak hanya digunakan sebagai perencanaan jalur mudik namun juga dapat digunakan sebagai informasi terkait kewilayahan, karena disusun menggunakan citra satelit SRTM yang dapat menampilkan relief muka bumi, dilengkapi informasi toponim di setiap jalan yang dilalui, sehingga diharapkan masyarakat pengguna atlas jalur mudik ini juga dapat memahami wilayah sekitar yang mereka lalui.

Atlas jalur mudik 2018 tersedia dalam bentuk cetak yang dapat diunduh di laman BIG dan bentuk digital yang dapat diakses melalui Aplikasi Ina-Geoportal.

 

Baca atlasnya, pilih jalurnya, sampailah kita ke kampung halaman tercinta.

Selamat Mudik. Mudik lancar, Mudik ceria.

Atlas mudik 2018 dapat diunduh di sini

Komentar

 Anda harus login untuk dapat memberikan komentar
0 Komentar

 Daftar